Senin, 23 Juli 2012

Menghargai itu 'PENTING"

Di moment bulan puasa ini saya ingin berbagi tentang pentingnya perilaku saling menghargai.
sengaja hal ini saya angkat sebagai topik dalam tulisan saya kali ini, sebab inilah waktunya bagi kita untuk melihat sejauh mana kita mampu menunjukan perilaku saling menghargai kita terhadap sesama, khususnya umat muslim.

Ketika kita berbicara mengenai puasa, otomatis ada saudara-saudara disekeliling kita yang menjalankannya,.entah di lingkungan tempat tinggal, di kantor, sekolah, atau  tempat pelayanan umum lainnya. yang menjadi  pertanyaan bagi kita yang tidak melakukan hal ini adalah, bagaimana kita menghargai ibadah yang sedang mereka jalankan...??? 
ya pada dasarnya kita menghargainya dengan tidak makan atau minum di depan mereka yang sedang menjalankan ibadah puasa, itulah yang menjadi peringatan bagi semua orang.
Namun kali ini saya pun ingin menyampaikan bahwa menghargai mereka yang berpuasa bukan sekedar tidak makan atau minum di depan mereka, namun menghargai secara menyeluruh.
Artinya, kita pun mampu menghargai mereka dengan sikap dan perilaku kita yang benar dan tidak mengganggu ibadah yang sedang mereka jalankan.

Kita harus memahami bahwa menghargai itu penting.
menghargai bukan sebatas ucapan, namun perlu diimplementasikan dalam sebuah tindakan.
Dan ketika pola saling menghargai terbentuk dalam relasi antar seseorang dengan lainnya, maka jelas akan tercipta sebuah kerukunan hidup yang pastinya akan menutup adanya perbedaan dan merekatkan jarak yang mungkin ada selama ini.
yang pasti moment puasa menjadi sebuah ibadah bagi kaum muslim, namun menjadi sebuah pelajaran hidup bagi semua orang untuk bagaimana menghadapi sebuah realita yang penuh tantangan.


Tidak ada komentar: