Senin, 16 Juli 2012

Pengaruh negatif di kalangan pemuda

Hidup bukan selalu dihiasi oleh hal positif, namun tak jarang hal negatif pun sangat mempengaruhi perjalanan hidup setiap orang.
Kali ini saya sengaja untuk menulis tentang pengaruh negatif kehidupan yang bersentuhan langsung terhadap pribadi bahkan lingkungan kaum pemuda.
Kasus narkoba, seks bebas, HIV/AIDS, tauran antar pelajar, ataupun balapan liar bukanlah hal baru yang terdengar di teling kita, bahkan hal - hal tersebut sangat erat kaitannya dengan kehidupan kaum muda mudi saat ini. Pengaruh inilah yang menjadi sisi kelam kehidupan yang terkadang tak pernah disadari oleh sebagian besar pemuda, bahkan bagi mereka inilah gaya hidup yang sebenarnya.
Keren, macho,gaul, bahkan terkesan oke jika mereka mampu menyesuaikan diri dalam situasi seperti yang tersebut diatas, padahal mereka tak memahami betapa sangat berbahayanya jika harus terjerumus didalam situasi tersebut.
Apa yang bisa dibanggakan dari pemuda pemudi yang menjadi korban narkoba atau pengidap HIV/AIDS ?
Seperti apa kualitas hidup seorang pemuda yang suka tauran atau berbalapan liar ? semuanya kosong dan tak bernilai.
Sangat disayangkan jika kehidupan kita harus seperti itu, ketika sebagian besar dari sahabat-sahabat kita ada di bangku pendidikan dan menikmati berbagai manfaat hidup serta mampu menjadi manusia yang berkualitas dan sukses, kita malah terbaring lemah di rumah sakit karena tauran atau tabrakan di jalan raya. dan lebih parah lagi jika kita harus mengidap HIV/AIDS karena seks bebas dan narkoba yang kita konsumsi , dan tinggal menunggu waktu untuk dipanggil kehadapan TUHAN.


Lalu apa yang harus kita pahami dan pedomani untuk kehidupan kita saat ini dan ke depan nanti ?
Pertama,.... tanamkan prinsip takut akan TUHAN sehingga yang berekenan bagiNYA kita lakukan dan yang menjadi larangaNYA kita hindari ;


Kedua, ..... pahami dan menghargai arti penting hidup, sehingga kita tak mungkin merusaknya dengan hal-hal negatif yang merugikan.
Ketiga,..... berani katakan tidak untuk segala hal "salah" dan "tak penting"
inilah hal sederhana yang patut kita lakukan untuk menjadikan hidup kita aman dan bebas dari pengaruh negatif, jadi lakukan itu sekarang juga :)

Tidak ada komentar: