Senin, 14 November 2011

Itawaka, Desa indah diujung jazirah Hatawano.




Hari ini saya sengaja menulis tentang tempat kelahiran orang tua saya, sebuah negeri indah diujung jazirah Hatawano di Kecamatan Saparua, Maluku Tengah.
Gambar diatas adalah sepenggal wajah negeri Itawaka yang bersih, indah dan menarik untuk siapapun yang berkunjung kesana.

Sebenarnya tak begitu sering saya berkunjung kesana, biasanya hanya untuk merayakan natal atau tahun baru. Namun beberapa tahun belakangan ini kami sekeluarga lebih memilih merayakan natal dan tahun baru di kota Ambon, tempat kami tinggal saat ini.

Bagi Saya, Itawaka adalah sebuah negeri yang luas dan memiliki cukup banyak penduduk, namun generasi saat ini lebih banyak hidup di luar negeri Itawaka, yang  mungkin dikarenakan oleh tuntutan hidup yang memaksa mereka harus merantau ataupun berpendidikan di kota.
Itawaka adalah negeri yang bersih dan tertata baik, dan gambar diatas adalah bukti  kebersihan negeri ini.

Saya bangga menjadi anak cucu negeri Itawaka, sebab kami memiliki negeri yang indah.
Selain keindahan negeri, saya pun sangat salut dengan kerja keras orang tua yang ada di negeri ini untuk memberikan pendidikan yang layak bagi anak-anak mereka, minimal sampai di tingkat SMU, namun tak sedikit yang disekolahkan hingga menjadi sarjana.
Jelas ini adalah sebuah kebanggan tersendiri yang menunjukan bagi dunia bahwa Itawaka tidak hanya sebagai salah satu negeri yang menarik namun juga memiliki tingkat pemikiran yang modern, yang mengutamakan pendidikan demi kualitas hidup yang lebih baik bagi generasi berikutnya. 


Tidak ada komentar: