Senin, 20 Februari 2012

Lebih Baik Terlambat daripada Tidak Sama Sekali

Ketika mendengar kalimat " Lebih Baik Terlambat Daripada Tidak Sama Sekali " saya langsung tertarik untuk menulis tentang itu.
Sebenarnya kalimat ini dapat kita artikan dari sudut pandang yang berbeda, namun satu hal yang mau saya tulis adalah berkaitan dengan aktivitas kerja para PNS saat ini.

Bukan sebuah rahasia umum bahwa aktivitas kerja PNS saat ini menjadi suatu hal yang sering disoroti, hal ini  dipengaruhi oleh beberapa hal, dan salah satunya adalah mengenai disiplin pegawai dalam bekerja.

Berbicara mengenai kehadiran seorang PNS pada jam kerja, kita sadari bahwa pada kenyatannya sering terjadi ketidakdisiplinan. katakanlah ketika sebuah instansi melakukan apel pagi untuk memulai aktivitas kerja, nyatanya tidak sedikit para PNS yang belum hadir.
Terkadang hal ini menjadi sebuah kebiasaan yang terlihat dari hari ke hari, dan setiap orang memiliki alasan tersendiri atas ketidakhadirannya.

Ada orang yang tidak mengikuti apel karena sedang tugas luar, ada yang terlambat, dan yang lebih parah lagi ada orang yang tidak mengikuti apel karena sengaja tidak masuk kantor tanpa ada alasan yang jelas.
Sangat disayangkaan  jika mentalitas dan karakter seorang PNS harus seperti itu. bukankah sebelum menjadi PNS sudah banyak hal yang diperoleh selama menjadi CPNS..???
ini terpulang bagi pribadi kita sendiri, sejauh mana menghargai apa yang sudah Tuhan percayakan dalam tugas dan pengabdian kita bagi bangsa dan negara.

Saya sendiri berpendapat bahwa lebih baik terlambat daripada tidak sama sekali, artinya seberapa penting urusan kita  atau seberapa banyak keperluan yang harus kita tangani tidak membuat kita lalai untuk bekerja. Tidak ada salahnya kita terlambat, namun terlebih dahulu memberitahukan kepada atasan atau teman kantor kita.
Ingatlah bahwa ketika kita terlambat, kita masih bisa menyelesaikan pekerjaan kita.... namun ketika kita tidak hadir, itu berarti makin banyak beban kerja yang harus kita selesaikan nanti.

Berikan pilihan anda :
Selesaikan pekerjaan dan menikmati waktu santai tanpa beban, ataukah harus membawa pulang pekerjaan dan menyelesaikannya di rumah karena ketidakhadiran anda...???

Tidak ada komentar: