Jumat, 09 September 2011

Kaki Emas Anak Maluku

Saat ini demam sepak bola sedang merajalela di seantero dunia,.tak terkecuali di Maluku. Bukan hanya sebatas permainan favorit  para kaum lelaki namun juga di kalangan kaum wanita.
Sepak bola memiliki banyak penggemar sehingga mungkin jika kita menghitung jumlah penggemar olahraga di dunia, sepak bola menjadi olahraga dengan penggemar terbanyak.
Kita sering melihat berbagai pertandingan sepak bola  dengan menampilkan club-club terbaik di dunia, dan dari sekian banyak pemain-pemain terkenal yang tergabung dalam club-club tersebut ada yang berdarah Maluku.
sebagai contoh, mantan kapten tim Nasional Belanda Giovanni Christiaan van Bronckhorst, Robin van Persie,
John Gijsbert Alan Heitinga, Mark Peter Gertuda Andreas van Bommel alias Mark van Bommel, dan beberapa pemain lainnya. Disamping itu  pemain berdarah Maluku lainnya adalah  alm.Ronny Pattinasarany, Ricardo Salampessy, dan pemain lainnya yang kini berjuang mendukung tim-tim sepak bola yang ada di dalam negeri maupun diluar.
Hal ini adalah sebuah kebanggaan yang dapat kita lihat dan pahami  bersama, karena mereka adalah keturunan Maluku, dan mereka menjadi ikon pemain terbaik yang dapat disebut sebagai pemain berkaki emas. Ini bukan sekedar wacana, namun ini adalah sebuah realita yang jelas menampilkan yang terbaik dari anak-anak Maluku, dan duniapun mengakui akan hal ini.
Kini, kaki emas anak Maluku akan tetap ada, dan tidak sedikit yang mendapat pembinaan khusus dalam mencetak pemain sepak bola terkenal, seperti  dalam pembentukan tim-tim sepak bola yang secara langsung dibina oleh pemain-pemain Maluku asal Belanda. namun yang menjadi persoalan adalah mengapa kaki emas anak Maluku terkadang tidak dimanfaatkan oleh timnas kita di Indonesia,..??? malah lebih cenderung dipersiapkan untuk menjadi pemain diluar negeri..??? 
Mungkin akan ada berjuta pendapat terhadap pertanyaan ini, namun yang pasti Indonesia tanpa kaki emas anak Maluku tak akan memberi daya ungkit bagi perkembangan sepak bola kita.

Tidak ada komentar: