Rabu, 08 Februari 2012

KEBAHAGIAAN BUTUH PENGORBANAN




Sebuah kisah menarik yang dapat menjadi ide tulisan saya kali ini adalah sebuah film berjudul “The Descendants”. Cerita yang mengisahkan perjuangan seorang suami yang harus menggantikan peran istrinya dalam mengasuh anak-anaknya yang  terjerat dalam narkoba serta karakter  buruk anak-anak  akibat kurangnya perhatian.
Istri yang terbaring koma dan tak memiliki harapan hidup membuat sang suami  meninggalkan semua aktivitas bisnisnya hanya untuk menjaga anak-anak dan sang istri yang ternyata diketahui berselingkuh dengan lelaki lain. Itulah gambaran singkat tentang film ini, sederhana namun sesuai dengan realita hidup kita saat ini.

Dari cerita tersebut, kita dapat menyimpulkan bahwa situasi keluarga ini sangatlah rumit, ada penderitaan sang istri, anak yang menjadi korban narkoba, karakter buruk anak, serta perselingkuhan. Tapi  semua hal negatif ini terselesaikan dengan sebuah pengorbanan.
Ya....pengorbanan seorang suami sekaligus ayah bagi anak-anak. Pengorbanan inilah yang pada akirrnya mendatangkan kebahagiaan. Kebahagiaan memang butuh pengorbanan, dan kebahagiaan tidak datang begitu saja tanpa ada usaha untuk menggapainya.

Terkadang kita perlu mengambil resiko yang mungkin tak pernah kita inginkan untuk menggapai sebuah kebahagiaan, katakanlah seperti  film ini, suami harus meninggalkan pekerjaannya untuk  menggapai kebahagiaan bersama kedua anaknya.
Apakah saat ini banyak orang lebih memilih untuk berkorban seperti itu...??? saya rasa tidak. Tidak banyak yang mengambil resiko seperti pemeran suami dalam film tersebut, apalagi seorang lelaki..itu suatu hal yang rumit.

Suatu penghargaan bagi  sosok lelaki yang mau melakukan itu  tanpa berpikir tentang kenyataan pahit yang dihadapi, terutama perselingkuhan sang istri. Ia melakukannya dengan tulus untuk menunjukan betapa ia peduli terhadap keluarga kecilnya.
Inilah pelajaran untuk kita bahwa perhatian adalah yang terpenting dalam sebuah keluarga sehingga  takkan ada penderitaan, narkoba, karakter yang buruk atau bahkan perselingkuhan..dengan perhatian itu berarti kita telah menunjukan seperti apa pengorbanan kita, karena itulah yang akan mendatangkan kebahagiaan.

Tidak ada komentar: