Rabu, 08 Februari 2012

HARI KASIH SAYANG

Seminggu lagi kita akan merayakan hari kasih sayang, suatu moment yang biasanya dipakai untuk mengungkapkan kasih sayang kita untuk orang-orang yang memiliki arti penting dalam hidup kita. 

Ada 2 hal yang dapat kita lihat pada setiap perayaan hari kasih sayang, yaitu :
1.    Hari kasih sayang diartikan sebagai hari  yang tepat untuk mengungkapkan rasa kasih dan sayang.
2.    Hari kasih sayang biasanya lebih bermakna dikalangan para remaja dan pemuda.

Inilah sebuah realita yang terjadi setiap tanggal 14 Februari setiap tahunnya, dan setiap orang memiliki pendapat tersendiri untuk menterjemahkan ke dua hal diatas.
Bagi saya, point 1 adalah suatu realita yang keliru dan patut diperbaiki. Kasih sayang adalah hal yang berhubungan dengan hak asasi, Itu berarti setiap orang perlu mengungkapkan rasa kasih sayangnya kapanpun  dan  dimana saja ia ada, dan tentunya tak perlu menunggu tanggal 14 Februari.
Kita perlu menyatukan persepsi kita, bahwa kasih sayang seharusnya terungkap setiap waktu berputar dan ketika jantung masih berdetak. Kasih sayang tak terbatas oleh ruang dan waktu, oleh karena itu adalah keliru jika anda harus menunggu tanggal 14 Februari baru anda mengungkapkan kasih sayang anda bagi mereka yang anda sayangi. Ungkapkanlah itu sekarang, esok dan sepanjang anda masih menghirup nafas kehidupan.
Tanggal 14 Februari hanyalah sebuah peringatan yang mungkin dapat sekedar dirayakan dengan merencanakan sesuatu yang berbeda di rumah atau di tempat favorit anda.
Point yang ke-2 membuat saya mengingat masa remaja. ketika moment kasih sayang hampir tiba, biasanya banyak teman lelaki memburu coklat, bunga atau boneka untuk pacar atau sahabat perempuan mereka, dan saya pun biasanya mendapatkannya. memang sangat berkesan.
Tapi  sangat disayangkan jika moment kasih sayang hanya bisa berkesan bagi remaja dan pemuda. Apakah hanya mereka yang merasakan kasih sayang..???
Tentu tidak.

Bagi saya, kasih sayang adalah bagian dari proses hidup yang jelas dimiliki dan dirasakan oleh siapapun, baik anak-anak, remaja, pemuda, bahkan orang tua. Kasih sayang bukan sekedar dapat dimaknai oleh sekelompok remaja atau pemuda dalam hubungan antar pribadi, namun kasih sayang juga perlu diungkapkan oleh orang tua terhadap anak, kakak terhadap adik, guru kepada murid, pimpinan kepada bawahan, dan sebaliknya.
Suatu hal yang lebih penting dari sekedar memperingati hari kasih sayang adalah bahwa kasih sayang  bukan hanya lewat ungkapan kata-kata indah namun  dinyatakan dalam sikap dan perbuatan.

Akhirnya lewat tulisan ini saya mau mengucapkan “ selamat memperingati hari kasih sayang untuk kita semua, semoga moment ini menjadikan kita lebih mengerti apa arti kasih sayang yang sesungguhnya “

Tidak ada komentar: