Kamis, 29 September 2011

BERPIKIRLAH SEBELUM BERTINDAK

Beberapa waktu lalu di kota tempat tinggal saya yakni kota Ambon mengalami kerusuhan yang mengakibatkan  korban jiwa dan harta benda, dan setelah itu ada beberapa teror bom yang sangat mengkawatirkan masyarakat kota Ambon.
Dari kejadian - kejadian ini saya mulai berpikir bahwa ternyata pemeran - pemeran kasus ini bukanlah manusia yang berakhlak dan  bermoral, sebab apa yang mereka lakukan adalah sebuah tindakan yang tidak didasari dengan pemikiran yang manusiawi.

Berbicara tentang tindakan yang tidak didasari dengan sebuah pemikiran yang matang, saya kira adalah hal yang tidak lazim dalam ralita hidup kita pada umumnya, namun terkadang kita tak pernah belajar dari apa yang telah kita lalui sebelumnya. 
Terlepas dari kejadian rusuh seperti yang saya ceritakan diatas, pada dasarnya dalam situasi yang tertekan atau dalam kondisi terpaksa kita biasanya terburu-buru mengambil sebuah tindakan tanpa berpikir panjang.

Coba kita bayangkan bagaimana tindakan kita disaat orang lain mengganggu hidup kita, sudah pasti kita akan bertindak kasar atau mungkin membalasnya lebih daripada apa yang pernah ia lakukan.
Ini sudahlah menjadi pola hidup sebagian besar dari kita, dan tak heran jika ada orang yang berkata mata ganti mata dan gigi ganti gigi, seakan - akan ini adalah hal yang wajar.

Apakah kita pernah berpikir bahwa tindakan kita adalah sebuah kesalahan ..... ???
Apakah kita pernah berserah bahwa pembalasan adalah hak TUHAN bukan kita ... ???
Apakah kita pernah menyesali setiap pembalasan yang telah kita buat ..  ???
Cobalah kita sama - sama menyadari akan hal ini.

Kita perlu berpikir sebelum bertindak. Kita pun tak perlu terburu - terburu membalas segalanya jika hal itu akan sangat merugikan orang lain.
Saya ingin mengatakan bahwa emosi itu perlu, tapi bukan berarti segala persoalan yang kita hadapi harus diselesaikan dengan emosi yang berujung pada kehancuran.
Sekalii lagi, berpikirlah sebelum bertindak, karena dengan demikian anda adalah seseorang yang bijaksana, yang tau menempatkan emosi anda dengan benar.

Tidak ada komentar: