Jumat, 26 Agustus 2011

Tantangan masa remaja

Masa remaja adalah masa yang dinantikan semua anak, dan masa remaja seumpama surga yang hanya sekali dapat dipijak. dan itulah sebuah kenyataan hidup yang tak dapat kita pungkiri.

Bagi saya, masa remaja adalah masa yang diibaratkan sebagai sebutir telur di dalam genggaman,.taukah anda apa yang saya maksud,...??? ya sebutir telur,..
Telur itu jika digenggam erat,.maka akan pecah dan tak ada manfaatnya, sedangkan jika kita terlalu membuka genggaman maka telur itu akan jatuh juga..serba salah kan,..???

Perlu kehati-hatian dalam memasuki masa remaja, karena disana bukan sekedar kenikmatan yang dapat kita rasakan namun juga tersedia berbagai tantangan yang bisa menjadi benih kehancuran kita dimasa yang akan datang. ini bukan sekedar menakut-nakuti anak-anak saat ini, namun hal ini sebagai bekal untuk direnungkan dan dipelajari secara lebih mendalam sebelum mereka dapat menapak ke masa remaja.

Coba kita bayangkan  keadaan remaja saat ini,.taukah anda bahwa tingkat keingin tahuan anak remaja begitu tinggi sehingga mereka mencoba apapun yang menurut mereka sesuatu yang baru.
Contoh kecil yang dapat kita lihat adalah kebiasaan merokok anak remaja yang begitu boombastic di luar lingkungan sekolah maupun di luar rumah. mereka berpikir bahwa orang tua dan guru adalah monster yang akan menghalangi apa yang mereka lakukan, walaupun itu adalah sebuah kekeliruan besar.

Disisi lain, tantangan lain yang terlihat jelas adalah bagaimana melihat realita para remaja dalam tauran antar sekolah, seks bebas, narkoba dan miras.
Ini bukan dongeng yang sekedar direkayasa untuk mendapat perhatian banyak orang, tapi ini adalah realita yang perlu dicari solusi terbaiknya.

Lalu apa yang harus kita buat dalam melihat tantangan ini...??? siapa yang harus disalahkan..??? anak-anak kita atau siapa,..??? 
Pertanyaan ini perlu dijawab bersama, terutama oleh orang tua sebagai guru utama dalam keluarga.
Ketika fondasi keluarga yang terbentuk itu kuat, maka anak-anak kita pun mampu bertahan dalam menghadapi tantangan yang ada, namun sebaliknya jika fondasi yang dibentuk itu goyah, maka tantangan itu akan datang bagaikan badai tornado yang dalam sekejap akan mematahkan mentalitas anak-anak kita.

Mari, bentuk mentalitas anak-anak kita secara baik sehingga jejak mereka tak terhenti hanya karena tantangan masa remaja.


Tidak ada komentar: