Rabu, 03 Agustus 2011

Ketika rutinitas diperhadapkan dengan sebuah perubahan

Terkadang kita terjerumus dalam kebiasaan atau rutinitas yang monoton dari waktu ke waktu, dan hal ini membuat kita terbelenggu dan seakan2 tak ada hal lain yang dapat kita lakukan lagi.
sebuah contoh nyata adalah dikalangan PNS (Pegawai Negeri Sipil).

Saya memang baru dua tahun bekerja sebagai seorang PNS namun dalam waktu tersebut saya sudah cukup merasakan dampak dari sebuah rutinitas.
Saya akui bahwa rutinitas membuat saya mengerti banyak hal dan memahami sejauh mana kemampuan saya dalam menyikapi rutinitas saya sehari - hari, dan hal ini membuat saya cukup percaya diri dan merasakan bahwa saya lebih tau dari mereka (orang yang tidak melakukan apa yang saya lakukan).

Rutinitas membuat saya sibuk dengan kebiasaan2 saya, dan awalnya saya berpikir bahwa pekerjaan saya sudah menjadi suatu hal yang tak ingin saya tinggalkan,dan saya tak ingin berpikir untuk melakukan suatu hal yang baru yang akan menyita perhatian saya dari nol.

Namun sejak saya mengenal dan belajar banyak dari pimpinan saya, yang saya anggap sebagai bapak dan guru saya,baru saya menyadari bahwa pola pikir saya tersebut adalah keliru.
Yang paling saya ingat dari pembicaraan2 kami adalah ketika beliau mengatakan bahwa " Ketika kita terjerat dalam rutinitas,takkan ada inovasi "

Inilah sebuah pembelajaran yang sangat bermakna bagi saya pribadi, yang akhirnya saya mau belajar lebih dalam untuk memahami  betapa pentingnya sebuah perubahan dalam hidup, yang pada akhirnya perubahan itu akan membawa sebuah inovasi baru untuk mengukur kualitas hidup kita secara lebih dewasa.
Untuk itu saya ingin mengajak sahabat semua untuk bisa menjalani sebuah perubahan dengan tidak terjerat dalamn rutinitas.

Kalimat bercetak tebal diatas dapat dipakai untuk membuka wawasan  anda sekalian untuk lebih cermat berpikir tentang makna sesungguhnya kalimat tersebut.
Jadikanlah itu sebagai motivasi anda dalam bekerja maupun dalam hidup anda mulai saat ini.
Saya tidak memaksakan anda untuk membuat sebuah perubahan, namun saya mengajak untuk berpikir makna dari sebuah perubahan.
Karena ketika kita mampu melakukan perubahan tanpa memahami arti perubahan tersebut,maka itu bagaikan membuang garam ke laut, sedangkan ketika arti penting perubahan dapat kita pahami terlebih dahulu,maka perubahan itu akan datang dengan sendirinya dan inovasi akan menjadi bagian kita yang akan membedakan kita dengan orang lain.  

Tidak ada komentar: