Selasa, 19 Juni 2012

Bagaimana anda menghargainya.

Setelah beberapa lama saya tak menulis pada blog pribadi saya, kali ini saya mau menulis dan berbagi sesuatu untuk kita semua.
Pada ibadah minggu di sebuah gereja, saya mendengar khotbah tentang bagaimana kita harus memperlakukan seekor burung yang kita temukan bersama telur / anak-anaknya. bacaan khotbah itu terdapat dalam Kitab Ulangan 22 : 6 - 7

6 Apabila engkau menemui di jalan sarang burung di salah satu pohon atau di tanah dengan anak-anak burung atau telur-telur di dalamnya, dan induknya sedang duduk mendekap anak-anak atau telur-telur itu, maka janganlah engkau mengambil induk itu bersama-sama dengan anak-anaknya.

7 Setidak-tidaknya induk itu haruslah kaulepaskan, tetapi anak-anaknya boleh kauambil. Maksudnya supaya baik keadaanmu dan lanjut umurmu. 

Dikatakan bahwa ketika kita menghadapi peristiwa seperti itu, maka yang harus kita lakukan adalah mengambil telur/ anaknya dan melepaskan induknya.
Cerita ini memang sangatlah sederhana namun memiliki arti yang mendalam.
dikatakan lebih lanjut bahwa maksud dari tindakan kita adalah untuk memberikan kehidupan yang baik dan menambah usia hidup kita selaku manusia.

mungkin sebagian dari kita berpikir bahwa itu adalah hal yang sepele, namun belum tentu kita peduli dan mau melakukannya.
cerita ini mengajak kita untuk peduli dengan makhluk TUHAN lainnya yang ada di tengah-tengah kehidupan kita. jangan karena kita menganggap kita sebagai makhluk yang termulia lantas mengabaikan tanggung jawab terhadap makhluk lain disakitar kita.

Dapat saya simpulkan bahwa pesan inti dari bagian Kitab ini adalah bagaimana kita menghargai. bukan sekedar menghargai sesama manusia tetapi bagaimana cara kita menghargai makhluk lain dengan melakukan hal - hal sederhana.
karena sekali lagi, semuanya itu demi dan untuk kehidupan kita di masa yang akan datang.

TUHAN memberkati kita :)



Tidak ada komentar: