Senin, 19 Desember 2011

Antara Pikiran Dan Hati

Kita tentunya selalu mendengar bahwa lelaki lebih banyak menggunakan pikiran ketimbang menggunakan hati/ Perasaan, sebaliknya wanita lebih sering menggunakan hati/ perasaan  daripada menggunakan pikiran.
Atas dasar inilah kita dapat mengambil sebuah kesimpulan bahwa dalam menjalani proses kehidupan, kita tentunya dipengaruhi oleh 2 hal yaitu Pikiran dan hati.

Misalnya ketika kita diperhadapkan dengan sebuah persoalan hidup, kita dituntut untuk mengambil keputusan, dan saat itulah peran hati maupun perasaan akan mulai terlihat. 
Terkadang kita membuat sebuah keputusan atau sebuah kebijakan dengan menggunakan pikiran atau secara logika, dan disisi lain kita pun pernah mengambil keputusan dengan mengutamakan perasaan atau hati nurani kita.

Untuk menentukan pilihan antara pikiran dan hati bukanlah hal mudah untuk dilakukan. dan terkadang sebagian dari kita tidak berhasil dalam pengambilan keputusan hanya karena salah memilih antara kedua hal tersebut. ini mungkin dipengaruhi oleh situasi yang sedang dialami.
Seseorang bisa terburu - buru mengambil keputusan karena situasi yang mendesak, dan kala itu ia hanya bisa berpikir secara logika, padahal persoalan yang dihadapi membutuhkan sebuah solusi yang perlu dikaji dengan topanan hati nurani.

Sulit memang,.namun disinilah kita dituntut untuk mampu membedakan mana yang perlu diselesaikan  secara logika dan mana yang perlu menggunakan hati nurani.
Lalu apa yang perlu kita lakukan untuk tidak salah memilih ... ???
Menurut saya, yang penting untuk dilakukan adalah kita harus memahami apa persoalan kita. dan ketika persoalan telah matang dipahami maka dengan demikian memudahkan kita untuk menentukan dengan apa kita harus mengambil keputusan, apakah hanya dengan pikiran kita ataukah dengan hati kita,.sebab terkadang hati tak selalu sejalan dengan pemikiran, begitupun sebaliknya.


Tidak ada komentar: